Sabtu, 07 Juli 2012

Mollusca (Hewan Bertubuh Lunak)

A. ciri umum mollusca

Kata Mollusca berasal dari bahasa Latin, yaitu mallis yang berarti lunak. Jadi Mollusca merupakan hewan triploblastik selomata yang bertubuh lunak. Tubuh lunak tersebut umumnya dilengkapi dengan kelenjar-kelenjar yang dapat menghasilkan cangkang dari zat kapur (kalsium karbonat) yang keras, tapi ada pula Mollusca yang tidak bercangkang, misalnya cumi-cumi.

Mollusca merupakan kelompok hewan terbesar kedua dalam kerajaan binatang, setelah filum Arthropoda dengan anggota yang masih hidup berjumlah sekitar 75 ribu jenis, serta 35 ribu jenis dalam bentuk fosil. Mollusca bersifat kosmopolit, artinya ditemukan di mana-mana, di darat, payau, di laut, dan air tawar. Mulai dari daerah tropis hingga daerah kutub. Dari palung benua di laut sampai pegunungan yang tinggi, bahkan mudah saja ditemukan di sekitar rumah kita. Hal ini menunjukkan kemampuan adaptasi Mollusca terhadap lingkungan sangat tinggi. Tapi pada umumnya Mollusca hidup di laut.

Anatomi Mollusca relatif mirip dengan Vertebrata. Hal ini menyebabkan banyak ahli memperkirakan bahwa Vertebrata dan Mollusca masih memiliki kedekatan hubungan evolusi. Hal ini diperkuat pula dengan kenyataan bahwa Mollusca, terutama Cephalopoda, memiliki otak yang berkembang baik dan beberapa diantaranya terbukti memiliki kemampuan mengingat yang kuat.

Mollusca dipelajari dalam cabang zoologi yang disebut malakologi.Baca selengkapnya...


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar